Kajian Produk Bank Syariah, Mahasiswa Mempertanyakan Letak Kesyariaahannya

Menjadi mahasiswa tidak cukup hanya memperoleh materi di dalam kelas saja. Mahasiswa perlu terus menerus mengasah otak. Himpunan Mahasiswa Program Studi Perbankan Syariah (HIMAPRODI PS) sebagai organisasi kemahasiswaan yang berada di bawah naungan program studi perbankan syariah menjadi fasilitator bagi mahasiswa perbankan syariah untuk mempertajam dan mengasah soft skills. Himaprodi PS mengadakan kajian rutinan yang bertujuan untuk menambah keilmuan mahasiswa PS. Kali ini kajian dilakukan dengan mengangkat tema mengulas produk-produk perbankan syariah. kajian ini dilakukan pada hari Jum’at (15/10) di Lt. 3 Gedung B IKHAC dan diisi oleh dosen perbankan syariah, Bapak Ahmad Mukhlisuddin.

Kajian ini diikuti oleh 47 orang yang mayoritas semester satu. Rasa ingin tahu mahasiswa tingkat awal ini sangat tinggi terbukti dengan begitu aktifnya mereka untuk bertanya saat sesi tanya jawab berlangsung. Lilis misalnya. Mahasiswa asli tanah minang ini begitu antusias dengan apa yang disampaikan pemateri. Dalam kajian tersebut, ia menanyakan apa yang harus dilakukan perbankan syariah agar tidak kalah dengan perbankan konvensional. Selanjutnya pertanyaan dari Yoga, “Saya pernah mendengar ada yang mengatakan kalau produk-produk yang ada di bank syariah itu sebenarnya sama saja dengan bank konvensional hanya saja namanya yang berbeda padahal sebenarnya juga masih ada unsur riba, apa benar seperti itu pak? Kalau iya lalu dimana letak kesyariahannya bank syariah?” tanyanya seolah ingin mengonfirmasi. Disusul oleh pertanyaan dari syarif perihal era digital, “Sekarang ini kan kita berada di era digital revolusi industri 4.0, di dunia perbankan khususnya bank syariah hal ini dianngap sebagai tantangan atau peluang?” ujarnya.

pertanyaan-pertanyaan yang ada di pikiran mereka terus diutarakan dan para  audience menyimak jawaban dari pemateri yang sangat memuaskan hingga tanpa terasa, durasi 2 jam 30 menit kajian ini berlangsung begitu hidup.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *