DUTA PERBANKAN SYARIAH INSTITUT PESANTREN KH. ABDUL CHALIM

IKHAC NEWS (23/12) – Himpunan Mahasiswa Perbankan Syariah (Hima PS) Institut KH Abdul Chalim, resmi menggelar acara Pemilihan Duta Perbankan Syariah 2019/2020. Pemilihan Duta Perbankan ini merupakan acara perdana yang sebelumnya dirancang oleh Hima PS Divisi PSDM setelah melewati proses persiapan yang cukup matang.

“Harapan saya, semoga siapapun nanti yang terpilih sebagai Duta Perbankan bisa mewakili kita Mahasiswa Perbankan Syariah, entah itu saat ada event Kampus atau bahkan event antar Kampus. Tunjukan citra baik yang kita miliki, beri tahu mereka kalau kita Mahasiswa yang cerdas, berakhlakul karimah, kreatif, inovatif.” Ujar Septhiani sebagai Penanggung Jawab Acara.

Berdasarkan beberapa sumber informasi, peserta acara Pemilihan Duta Perbankan ini merupakan perwakilan dari tiap-tiap semester. Seluruh peserta yang telah mengisi formulir & lolos tahap seleksi, kemudian mereka maju dibabak uji yakni selama beberapa hari menjalani tes.

Tes yang dilaksanakan antara lain adalah tes tertulis, tes wawancara dan unjuk bakat. Peserta yang lolos dari rentetan tes yang diberikan oleh juri, selanjutnya masuk ke tahap Grand Final Pemilihan Duta Perbankan Syariah.

“Mahasiswa Perbankan Syariah ini saya rasa banyak yang mempunyai bakat terpendam, mungkin karena nantinya di cetak untuk berurusan dengan Nasabah ya jadi aura nya sudah terlihat dari sekarang. Bisa dilihat dari cara mereka berinteraksi dengan penonton tanpa gugup sama sekali, mereka pandai menguasai panggung, luwes sekali” kata salah satu Juri yang terkesima dengan aksi para Finalis Duta Perbankan.

Rundown acara sudah berjalan, penyampaian visi & misi dari tiap Finalis sudah di sampaikan. Hingga tiba di tahap penyisihan yang menyisakan beberapa kandidat. Di tahap penyisihan ini, ada babak debat bertema Peran Industri Perbankan Syariah dalam era Globalisasi. Debat antara mahasiswa Perbankan berlangsung sangat ramai. Selain cakapnya para finalis duta dalam menyampaikan argumen masing-masing, riuhnya antusias penonton semakin menambah semangat para finalis.

“Para Finalis mempunyai kemampuan dan percaya diri yang luar biasa. Jujur sulit jika harus memilih siapa pemenangnya. Sejauh ini, menurut saya mereka sudah menang.” Ujar salah satu Juri Finalis Duta Perbankan Syariah.

Tidak bisa dipungkiri, peserta yang lolos di babak penyisihan merupakan peserta terbaik dari yang paling baik. Karena mereka berhasil mengalahkan peserta lain yang sama-sama berkompeten.

“Siapapun yang menjadi Duta Perbankan Syariah, saya harap dia mampu bertanggung jawab dengan tugas yang nantinya ia emban. Menjadi panutan yang baik, kemudian bisa menjadi penyambung antara Mahasiswa Perbankan Syariah dalam acara-acara Kampus atau bahkan diluar Kampus. Karena nanti ada kaitannya dengan pertemuan-pertemuan Organisasi Mahasiswa Perbankan Syariah, contohnya seperti Ikatan Mahasiswa Perbankan Syariah entah itu regional Jatim atau bahkan Indonesia.”

Babak penyisihan yang berlangsung menegangkan sudah terlewati, tiba saatnya perhitungan point yang diberikan Juri kepada para Finalis Duta Perbankan. Berdasarkan perhitungan point dari tiap babak yang telah dilewati, Muhammad Faiz (Bali, Semester 3) dan Indriyani (Lombok, Semester 1) resmi menjadi pemenang dan memperoleh gelar Duta Perbankan Syariah 2019/2020.

“Sebenarnya saya tidak menyangka kalau saya yang menjadi pemenangnya. Terimakasih untuk teman-teman yang sudah mempercayai saya untuk menjadi perwakilan dari kalian. Terimakasih juga untuk para Juri yang sudah meluangkan waktunya untuk memberi penilaian dan sesekali memberi masukan, memotivasi saya untuk lebih baik lagi kedepannya.” Kata muhammad Faiz dalam sesi wawancara pasca acara.

(Pemenang Duta Perbankan Syariah bersama Para Juri)

“Saya merasa bersyukur sekali karena bisa mendaptkan banyak teman,mengasah kemampuan, bisa berada di sekeliling orang2 luar biasa. Semoga apa yg saya dapatkan selama menjadi finalis duta bisa di terapkan dan di pertahankan dan semoga di tahun yg akan datang melahirkan duta yg lebih baik baik dan memiliki kepribadian yg jauh lebih baik pula” ujar Indri Ratna Dewi.

Himpunan Mahasiswa Perbankan Syariah tahun ini sukses menggelar acara-acara baru yang nantinya diharapkan menjadi contoh yang baik untuk generasi Hima Ps berikutnya. Dari acara Duta Perbankan ini dapat kita pelajari bersama bahwa Keindahan fisik saja tidak akan istimewah tanpa adanya keindahan akal & hati. Mari sama-sama menjadi Mahasiswa yang aktif, cerdas, kreatif inovatif, berakhlaqul karimah serta berguna bagi orang sekeliling kita

Salam Perbankan, Salam Keuangan.(andhny)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *